Posted by : Unknown Minggu, 28 September 2014



4 Hal Utama Penyebab Sakit Gigi

Sebelum saya membahas mengenai resep obat alami tradisional untuk mengatasi sakit gigi, mungkin ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan sakit gigi. Dengan mengetahui penyebab sakit gigi, Anda akan lebih waspada dan melakukan perawatan gigi yang tepat untuk mencegahnya.
Secara umum ada 4 hal yang menyebabkan sakit gigi, yaitu :
1. Karies Gigi
Obat Sakit Gigi Alami dan TradisionalSebagaimana dikutif dalam Wikipedia, karies gigi merupkan infeksi yang dapat meusak struktur gigi dan pada akhirnya dapat menyebabkan gigi berlubang. Bagaimanapun, karies gigi mesti segera ditangani karena bisa saja berakibat fatal, dan bahkan bisa menimbulkan kematian.
2. Gigi Lepas
Banyak penyebab mengapa gigi menjadi longgar dan lepas, seperti penyakit gusi (gingivitis, periodontitis), kecelakaan tabrakan, dan lain-lain. Hal ini dapat menimbulkan sakit gigi saat mengunyah makanan. Jika rasa sakit karena ini Anda harus mendapatkan perawatan segera dokter gigi. Dokter Anda akan tahu lebih baik bagaimana dan solusi apa yang mesti diambil setelah dilakukn cek pertama.
3. Erosi Gusi
Jika gusi Anda mengikis dari waktu ke waktu akan mengekspos akar menjadi sensitif terhadap minuman dan makanan panas, dingin dan asam. Beberapa hal yang dapat menyebabkan erosi gigi, misalnya karena menyikat gigi terlalu keras atau menderita penyakit gusi. Apabila penyebabnya karena sikat gigi yang Anda gunakan terlalu keras atau kasar, dan mungkin anda melakukan menggosok igi secara kasar, ada baiknya Anda mengganti sikat gigi dengan sikat berbulu lembut dan mengubah cara menggosok gigi Anda untuk lebih lembut. Jika penyebabnya adalah karena penyakit gusi, Anda harus segera melakukan perawatan gigi.
4. Infeksi Saluran Akar
Saluran akar yang terinfeksi bisa sangat menyakitkan dengan rasa sakit yang menyebar ke area lain dari wajah dan kepala. Infeksi saluran akar dapat membuat gigi mati dan harus dicabut. Karena jika Anda mempertahankan gigi mati berarti Anda harus menanggung risiko sakit gigi berulang dan juga risiko infeksi berikutnya yang dapat memicu berbagai penyakit lain seperti kanker, penyakit jantung, rematik, diabetes dan bahkan kelainan di otak.

Bahan dan Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami dan Tradisional

Meskipun belum ada uji klinis untuk obat sakit gigi alami dan tradisional yang akan saya sampaikan berikut, beberapa jenis pengobatan untuk sakit gigi ini telah sering dilakukan di masyarakat.
Bahkan jika suatu hari Anda belum memiliki waktu atau biaya untuk pergi ke dokter gigi saat menderita sakit gigi, mungkin beberapa dari obat sakit gigi alami dan tradisional berikut bisa menjadi obat sementara, setidaknya untuk meringankan rasa sakit gigi Anda.
1. Obat Sakit Gigi dengan Kompres Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh mengandung eugenol, pembunuh rasa sakit alami dan antibakteri. Campur 2 sampai 3 tetes minyak cengkeh murni dengan 1/4 sendok teh minyak zaitun. Oleskan bola kapas pada campuran, lalu tempatkan bola kapas di samping gigi yang sakit.
Namun yang perlu diingat, bahwa minyak cengkeh ini memiliki efek samping. Minyak cengkeh di dalam mulut dapat menyebabkan pembakaran, atau kerusakan jaringan saraf, dan nyeri. Untuk itu, gunakan secara hati-hati dan jangan simpan terlalu lama di dalam mulut.
Bahkan minyak cengkeh harus dihindari penggunaannya oleh anak-anak, wanita hamil atau menyusui, dan orang-orang dengan diabetes, penyakit ginjal atau hati atau gangguan perdarahan.
2. Arang Aktif untuk Atasi Sakit Gigi
Arang aktif tersedia di banyak toko obat tradisional. Cara penggunaanya, campur dua sendok teh bubuk arang aktif dengan air secukupnya sampai terbentuk pasta. Oleskan ke sepotong kain kasa dan tempatkan kasa pada gigi. Gigitlah.
3. Daun Jambu Biji, Obat Sakit Gigi Manjur
Daun jambu biji segar juga merupakan obat sakit gigi, dapat meringankan sakit gigi. Cukup mengunyah satu atau dua daun jambu sampai lembut seperti jus. Cara lain adalah dengan menempatkan 4-5 daun jambu biji dalam air dan didihkan. Biarkan larutan hingga bersuhu hangat dan tambahkan garam. Gunakan sebagai obat kumur.
4. Jus Rumput Gandum
Rumput gandum memiliki sifat antibakteri alami yang akan mengurangi rasa sakit dan juga membantu melawan kerusakan gigi. Ekstrak jus rumput gandum digunakan sebagai obat kumur. Ini akan menyerap racun dari gusi, mengurangi pertumbuhan bakteri dan menjaga infeksi di bawah kontrol. Jika Anda ingin, Anda dapat mengunyah rumput gandum.
5. Bawang Putih
Siapakan siung bawang putih dan kemudian haluskan dengan sedikit garam, dan tempelkan di tempat yang sakit.
6. Alpukat Buah Mujarab untuk Obat Sakit Gigi
Siapkan biji alpukat. Tumbuklah biji alpukat sampai halus. Cara pakainya tinggal menaburkan serbuk biji alpukat pada area gigi yang sakit.
7. Bawang Merah
Siapkan bawang. Tumbuk, dan tempelkan pada gigi yang sakit.
8. Lada / Merica
Ambil 1 sendok teh bubuk merica, campurkan dengan garam dengan takaran sama rata. Masukkan adonan ke dalam sakit gigi atau gigi berlubang. Cara ini merupakan obat sakit gigi yang baik dan efektif untuk mengobati sakit gigi.
9. Pepermin Obat Kumur yang Menyehatkan
Ambil 5 gram peppermint. Didihkan dalam secangkir air. Tambahkan sedikit garam. Minum rebusan ini dua kali sehari. Ini adalah obat yang baik untuk mengobati sakit gigi. Anda juga dapat menggunakan obat kumur yang mengandung ekstrak peppermint.
10. Bayam untuk Memperkut Gusi
Ambil beberapa daun bayam segar. Gunakan dengan cara mengunyah. Daun bayam membantu untuk membuat gusi menjadi kuat karena daun bayam merupakan obat alami untuk sakit gigi.
11. Mentimun Redakan Sakit Gigi
Mentimun adalah salah satu cara yang bisa meredakan sakit gigi. Ambil seiris mentimun dan potong-potong kecil. Tempatkan potongan mentimun pada gigi yang sakit. Hal ini juga memberikan efek meredakan sakit gigi.
12. Es Batu Mematikan Saraf Gigi
Obat sakit gigi tradisional yang biasa digunakan orang banyak yaitu menggunakan es batu. Ambil es batu dan oleskan pada daerah yang sakit selama beberapa menit. Rasa sakit akan berkurang karena sifat es ini sangat baik dalam menekan rasa sakit pada ujung saraf. Ini merupakan salah satu cara yang dpat mengurangi rasa sakit gigi. Anda juga bisa mengunyah es batu pada bagian mulut yang sakit.
13. Minyak tempurung kelapa
Siapkan tempurung kelapa yang sudah dibelah. Siapkan juga kapas secukupnya. Cara penggunaannya, bakar tempurung kelapa hingga mengeluarkan minyak. Nah, gunakan minyak hasil pembakaran tempurung kelapa ini dengan kapas yang telah disediakan. Tempatkan pada gigi yang sakit. Biasanya dalam beberapa menit, rasa sakit giginya menjadi hilang.
14. Campuran rebusan daun sirih dan cengkeh
Rebus daun sirih dan cengkeh. Gunakan air rebusan untuk kumur-kumur setiap hari. Cara ini sebenarnya merupakan cara herbal pengganti obat kumur yang sering di jual di pasaran.

Hal yang harus dihindari Oleh penderita Sakit Gigi

Selama sakit gigi batasi atau bahkan hindari makanan yang mengandung gula tinggi, seperti permen, karena dapat berdampak pada infeksi gigi. Batasi juga mengkonsumsi snack.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi sakit gigi secara alami dan tradisional. Anda bisa memilih beberapa alternatif yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat. So tetap pantau ya blog tips kesehatan ini. By. obat sakit gigi tradisional.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © bagas'blogs - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -